Fenomena Mahasiswa Salah Masuk Jurusan

55tips agar tidak salah memilih jurusanPernahkah kalian mendengar mahasiswa yang salah jurusan, atau mahasiswa yang berpindah jurusan? Fenomena ini banyak terjadi dikalangan mahasiswa baru saat menginjakan kakinya di bangku kuliah sesuai dengan jurusan yang diambilnya dan ternyata hatinya berbicara lain dan berkata kenapa saya masuk jurusan ini? damn gue salah milih jurusan”.

Tak ada penelitian pasti mengenai fenomena ini, namun yang jelas kejadian tersebut akan berakibat buruk bukan hanya bagi mahasiswa yang mengalaminya namun juga bagi pihak-pihak lain yang bersangkutan.
So…Guys, Yuk kita pelajari Fenomena yang banyak dialami oleh Mahasiswa yang salah jurusan setelah masuk kuliah, dan jadikan ini sebagai pembelajaran bagi kalian kalian yang akan meneruskan kuliah.

Apa itu Jurusan?
Sebelum kita bahas kenapa banyak mahasiswa salah jurusan kita bahas dulu tentang arti dari jurusan itu sendiri.
Sederhananya jurusan perkuliahan sama saja dengan jurusan tempat yang akan kamu tuju. Contoh saya besok mau pergi ke bali, yang lain bilang besok liburan ke Pangandaran saja. Begitu juga dengan Jurusan kuliah.
Jurusan kuliah adalah adalah pilihan cabang ilmu yg dipilih calon mahasiswa (seharusnya) berdasarkan minat/bakatnya yg telah ia gali sendiri selama sekolah (TK sampai SMA), atau dipilih untuk mendukung karir (profesi)nya dikemudian hari.
Nah loh,  dari definisinya saja mahasiswa masuk kuliah berdasarkan minat dan bakatnya. Tapi kenapa yah, banyak yang terjerumus ke jurusan yang salah?
Bagaimana mahasiswa kuliah dijurusan yang dipilih tergantung dari  diri mahasiswa itu sendiri. Untuk mengetahui lebih jauh karakter mahasiswa baca di posting sebelumnya dibahas mengenai 4 karakter mahasiswa dalam menjalani perkuliahan.
Kenapa Salah Masuk Jurusan?
Terdapat beberapa alasan mengapabanyak mahasiswa baru salah masuk jurusan diantaranya sebagai berikut:
  • Minat, tahukah kamu minat sangat mempengaruhi kesuksesan atau perilaku seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan atau pembelajaran. Faktanya banyak mahasiswa yang salah jurusan karena masih bimbang dengan minatnya atau passion jurusan yang diinginkan.
  • Kemampuan/Bakat, banyak dari mahasiswa yang masih belum tahu bakatnya. Sehingga dalam mengambil jurusan kejadiannya jadi repot. Inginnya masuk jurusan yang ok punya universitas ternama tapi kemampuan kurang.
  • Kurangnya informasi. Informasi seharusnya dicari sebanyak mungkin dan dipelajari secara dalam oleh calon mahasiswa mengenai jurusan yang akan ia pilih. Jaman secanggih sekarang ini informasi sangat luas dan cepat. So guys cerdaslah dalam mencari informasi.
  • Pengaruh Orang Lain. Nah ini yang membuat calon mahasiswa labil bahkan orang tua. Karena pengaruh orang lain yang bilang masuk jurusan ini masuk jurusan itu berhasil dan sukses menjadi bisikan yang menggiurkan bagi calon mahasiswa, padahal kesuksesan ditentukan oleh mahasiswanya sendiri, hanya sebagian kecil karena faktor jurusan.
  • Passing Grade. Terkadang saking bingungnya calon mahasiswa mau kuliah jurusan apa, kebanyakan dari mereka akhirnya memilih jurusan yang memiliki passing grade rendah agar mudah di tembus. Padahal saat kuliah akan berbeda keadaannya terlebih jurusan tersebut bukan pilihan hatinya.
  • Image PTN/PTS, ini nih yang bikin banyak tersesat alias salah jurusan. Udah deh PTN/PTS ternama belum tentu menjamin lulusannya sukses. Semua ditentukan dari dirinya masing-masing. Kalau kemampuan tidak mendukung, minat bukan ditempatnya, gimana mau sukses yang ada malah DO (drop Out).
  • Pasrah, dalam hal ini banyak mahasiswa yang ujian ke banyak PTN atau PTS tidak lulus akhirnya ia pasrah masuk ke jurusan apapun asalkan masuk kuliah. sangat disayangkan….
Kondisi dan Kegiatan Mahasiswa Salah Jurusan
Lalu bagaimana kondisi dengan mahasiswa yang salah jurusan? Kondisinya tentu berbeda-beda pada setiap mahasiswa, ada yang menyesal dan pindah jurusan bahkan ada yang mau bunuh diri, sangat memprihatinkan.

Apakah ada yang salah dengan pendidikan kita? atau mahasiswanya saja yang sedikit memiliki masalah?

Berdasarkan sumber Jurnal yang beralamtkan http://journal.unair.ac.id/filerPDF/7-12_2.pdf. dijelaskan bahwa, mahasiswa yang salah jurusan memiliki masalah-masalah sebagai berikut:
1. Problem Akademis
2. Problem Psikologis
3. Problem Relasional
Saat mahasiswa salah masuk jurusan, maka akan terjadi konflik dalam dirinya baik itu konflik akademis yang membuat sulit belajar, bolos kuliah, IPK jelek dan hal lainnya sehingga berdampak pada psikologis dirinya yang membuat depresi, stress, atau bahkan mengisolasi diri.

Dan tidak jarang banyak mahasiswa karena faktor tersebut memutuskan pindah jurusan hal ini akan membuat biaya, waktu dan banyak lainnya menjadi tidak efisien.

Banyak mahasiswa salah jurusan melampiaskan penyesalannya dengan bolos kuliah atau pergi ke suatu tempat untuk menenangkan diri. Namun ada juga mahasiswa yang bertahan menghadapinya dengan terus belajar meskipun mengalami tekanan batin.
Hal tersebut sesuai dengan penjelasan dari Weiten (1995:215) menjelaskan terdapat dua kemungkinan respon perilaku yang muncul penyelesaian masalah sebagai proses adaptasi. Pertama adalah menghadapi secara langsung (fight), kedua adalah  menghindar (flight).
Tingkat penyelesaian masalah dari diri sendiri terhadap keputusan salah jurusan masing-masing mahasiswa berbeda-beda. Ada yang merasa salah jurusan tapi mampu belajar dengan baik karena dasar atau kemampuannya memang cukup membuatnya lulus dengan baik pula.
Ada juga yang bertahan namun kemampuan tidak mendukung membuat kuliah terbengkalai. Ada yang menghindarinya dengan bolos kuliah dan semacamnya ada pula yang langsung mengambil langkah out dari jurusannya dan kembali mengikuti tes seleksi masuk universitas atau pindah jurusan di tahun berikutnya dengan sistem konversi mata kuliah.
Pelajaran buat kalian yang akan meneruskan kuliah:
Dalam hal memilih jurusan, Calon mahasiswa baru perlu memperhitungakan beberapa faktor seperti kemampuan, minat, bakat, kepribadian, dll.
Sebab Salah memilih jurusan punya dampak yang signifikan terhadap kehidupan Anda di masa mendatang. Karena kalau salah pilih jurusan, bukan tidak mungkin nantinya Anda gagal menyelesaikan perkuliahan hingga akhirnya drop out alias DO.

Akibatnya, rugi biaya, waktu, syukur kalau masih bisa pindah jurusan, gimana kalau tidak bisa?

Tips bagi calon mahasiswa sebelum memasuki bangku kuliah.

  1. Kenali diri, minat dan bakat.
  2. Jangan tergoda prospek jurusan dengan mudah, karena faktanya jaman sekarang lulusan jurusan mana kerja di bagian mana.
  3. Pilihlah jurusan lebih dahulu, universitas jadikan pilihan nomor dua
  4. Berkonsultasilah dengan psikolog jika perlu untuk mengetahui minat dan bakat kalian
  5. Cari informasi sedini mungkin untuk mengetahui seluk beluk jurusan yang akan kamu pilih.
  6. Berdo’a agar diberikan pilihan terbaik.
  7. Latihlah bakat yang lain diperkuliahan nanti sebagai penunjang skill.
  8. Terakhir belajar yang rajin, dan bersosialisasilah


 sumber : http://www.gomuda.com

Kementar

Kementar

(Comments are closed)
  • Jumlah Pengunjung

    003454
    Visit Today : 1
    Visit Yesterday : 0
    Total Visit : 3454
    Total Hits : 10877